Feeds:
Pos
Komentar

prosedur perizinan usaha

1. SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
adalah surat izin untuk dapat melaksanakan kegiatan usaha perdagangan. Setiap perusahaan, koperasi, persekutuan maupun perusahaan perseorangan, yang melakukan kegiatan usaha perdagangan wajib memperoleh SIUP yang diterbitkan berdasarkan domisili perusahaan dan berlaku di seluruh wilayah Republik Indonesia.

A. SIUP terdiri atas kategori sebagai berikut :

(1) SIUP Kecil
Wajib dimiliki oleh perusahaan perdagangan yang kekayaan bersihnya lebih dari Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) sampai dengan paling banyak Rp. 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.

(2) SIUP Menengah

Wajib dimiliki oleh perusahaan perdagangan yang kekayaan bersihnya lebih dari Rp. 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah) sampai dengan paling banyak Rp. 10.000.000.000,- (sepuluh milyar rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.

(3) SIUP Besar

Wajib dimiliki oleh perusahaan perdagangan yang kekayaan bersihnya lebih dari Rp. 10.000.000.000,- (sepuluh milyar rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.

B. Perusahaan yang dibebaskan dari kewajiban memperoleh SIUP adalah :

1. Cabang/perwakilan perusahaan yang dalam menjalankan kegiatan usaha perdagangan mempergunakan SIUP perusahaan pusat.
2. Perusahaan kecil perorangan yang memenuhi ketentuan sebagai berikut :
Tidak berbentuk badan hukum atau persekutuan, dan Diurus, dijalankan atau dikelola sendiri oleh pemiliknya atau dengan mempekerjakan anggota keluarganya/kerabat terdekat.
Pedagang keliling, pedagang asongan, pedagang pinggir jalan atau pedagang kaki lima.

C. Cara membuat SIUP
Cara Membuat SIUP sebagai berikut :
Siapkan Fc Direktur Utama.
Siapkan Fc Akta Pendirian Perusahaan beserta SK Menhum dan HAM RI.
Siapkan Fc NPWP Perusahaan.
Siapkan Fc SKDP
Buat Surat Permohonan Pembuatan SIUP ke Kepala Suku Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, dan Perdagangan di Wilayah Perusahaan anda masing-masing.
Pas foto berwarna Direktur Utama ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar.
Selanjutnya ikuti prosedur pengurusan SIUP yang berlaku.

Persyaratan Izin Usaha Perdagangan :
1. Photo copy KTP pemohonan
2. Photo copy KTP Direksi
3. Photo copy NPWP
4. Photo copy Akte Pendirian Perusahaan
5. Photo copy Persetujuan Prinsip
6. Photo copy Izin Lokasi
7. Photo copy IMB
8. Photo copy SITU
9. Photo copy UKL/UPL atau SPPL
10. Pas poto 3 x 4 sebanyak 2 buah
11. Photo copy Neraca perusahaan
12. Photo copy Bukti Pembelian mesin
13. Photo copy Formulir model Pm II

Prosedur Permohonan Siup
1. Untuk permohonan siup menengah Dan SIUP kecil , perusahaan dapat mengambil pormulir di Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota/ Kabupaten sesuai dengan domisili perusahaan . kemudian mengisi dan mengajukan permuhonan SIUP beserta persyaratannya , SIUP menegah dan kecil dikeluarkan dan di tanda tangani oleh kepala kantor wilayah perdagangan daerah tingkat II (kota/kabupaten) atas nam mentri.
2. permohonan SIUP besar diajukan melalui kanwil perindustrian dan perdagangan daerah tingkat I ( kota/ propinsi) atas nama mentri sesuai dengan domisili perusahaan.

C. Dokumen-dokumen yang di[perlukan untuk pengurusan Surat Ijin Usaha ( SIUP)
Dokumen yang diperlukan , antara lain:
1. foto kopi akta notaris pendirian perusahaan ( perusahaan perseorangan tidak perlu);
2. Fotokopi SK pengesahan materi hukum dan hak asasi manusia ( untuk CV , Koprasi, Frima ,Perusahaan perseorangn tidak perlu );
3. Fotokopi NPWP( nomor pokok wajib pajak) perusahaan;
4. fotokopi KTP pemilik/ direktur utama / penaggung jawab perusahaan dan pemegang saham;
5. fotokopi surat ijin tampat usaha (SITU) Dari pemda seempat;
6. foto kopi KK ( kartu keluarga) jika pimpinan / penanggung jawab perusahan adalah perempuan ;
7. fotokopi surat keterangan domisili perusahaan ;
8. fotokopi surat kontrak / sewa sewa tempat usaha / surat keterangan dari pemilik gedung ;
9. foto direktur utama/ pimpinan perusahaan ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar;
10. Neraca perusahaan
Adapun maksud dan tujuan pemberian SIUP adalah :
Sebagai kepastian hokum atas usaha perdagangan baik barang maupun jasa.
Memberikan kesempatan bagi perluasan usaha untuk mendapatkan fasilitas seperti bantuan kredit atau program pembinaan.
Sarana pembinaan, pengarahan, dan pengawasan terhadap dunia usaha, khususnya di sector perdagangan demi tercapainya iklim usaha yang sehat, tertib, dan jujur.

2. Membuat Surat Izin Tempat Usaha (SITU)

A. surat izin tempat usaha(SITU)

adalah pemberian izin tempat usaha yang tidak menimbulkan gangguan atau kerusakan lingkungan di lokasi tertentu. sedangkan surat izin gangguan(HO) adalah pemberian izin tempat usaha kepada perusahaan atau badan di lokasi tertentu yang dapat menimbulkan bahaya, gangguan, atau kerusakan lingkungan. Kedua surat tersebut dikeluarkan oleh pemerintah daerah tingkat II(Kotamadya atau kabupaten) dan harus diperpanjang lima tahun sekali.

B. Prosedur Membuat Surat Izin Tempat Usaha (SITU)

Langkah-langkah wirausaha untuk mendapatkan surat izin tempat usaha (SITU) yakni :

Membuat surat izin Tentangga

dalam surat tersebut berisi pernyataan tidak keberatan dari tetangga terdekat yang ada di sebelah kanan, kiri, depan belakang yang diketahui oleh ketua RT/RW setempat yang kemudian diteruskan ke kelurahan, kecamatan sampai kabupaten atau kotamadya.

Membuat surat keterangan domisili Perusahaan

dalam surat tersebut terdapat lokasi, tempat atau kantor yang akan dibuat perusahaan. Caranya dengan meminta formulir dari ketua RT di wilayah tersebut untuk kemudian disahkan oleh ketua RT, RW, kelurahan dan kecamtan.
C. Berkas-berkas yang diperlukan untuk Mengurus Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
Fotokopi KTP pemohon
Foto pemohon ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar
Formulir isian lengkap dan sudah ditanda-tangani
Fotokopi pelunasan PBB tahun berjalan
Fotokopi IMB (Izin mendirikan Bangunan)
Fotokopi Sertifikat Tanah
Denah lokasi tempat usaha
Surat pernyataan tidak keberatan dari tetangga yang diketahui oleh ketua RT dan RW setempat
izin sewa
surat keterangan domisili perusahaan
fotokopi akta pendirian perusahaan dari notaris
Berita acara pemeriksaan lapangan
D. Syarat-Syarat yang Wajib Ditaati perusahaan dalam Menjalankan Perusahaan

Keamanan

a) Perusahaan harus menyediakan alat-alat pemadan kebakaran

b) Bangunan perusahan harus terbuat dari bahan-bahan tidak mudah terbakar

c) Perusahaan harus mengikuti dan mentaati undang-undang keslamatan kerja

Kesehatan

a) Perusahaan harus menyediakan tempat sampah yang tertutup

b) Perusahaan harus mencegah atas kemungkinan terjadinya pencemaran lingkungan hidup

c) Perusahaan harus menyediakan alat-alat pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K)

Ketertiban

a) Kegiatan perusahaan hanya dapat dilakukan berdasarkan peraturan pemerintah daerah. melebih ketentuan jam kerja dapat dilakukan dengan izin khusus.

b) Dilarang menyimpan barang-barang perusahaan di pinggir jalan umum

c) pengguna menyimpah usaha harus sesuai dengan peraturan pemenrintah daerah, dimana perusahaan tersebut berdomisili

Syarat-syarat lain

a) Perusahaan diwajibkan untuk mengutakamakan tenaga kerja dari penduduk di sekitarnya yang mempunyai KTP

b) Perusahaan harus menjaga keindahan lingkungan dan mengadakan penghijauan
Perusahaan yang melanggar syarat-syarat tersebut diatas, SITUnya akan dicabut dan dikenakan ditutup perusahaanya. SITU pada umumnya diberika dalam jangka waktu 3 tahun terhitung permohonan dan selambat-lambatnya 1bulan sebelum jangka waktu tersebut berakhir harus mengajukan perpanjangan

speedreturns

Speedreturns Indonesia Investasi aman dan menguntungkan

SELAMAT DATANG DI PROGRAM speedreturns Investasi Duduk Manis Dapat Dolar
” Tanpa Merekrut member tetap diBAYAR”
pengembalian investasi anda 8% x 20 hari &
ROI bulanan 20% x 24 Bulan.

NEGARA MAJU TELAH SUKSES DENGAN PROGRAM INVESTASI selama BERTAHUN-TAHUN, KINI NEGARA BERKEMBANG TELAH MEMULAI UNTUK MENGADAKAN PROGRAM INVESTASI BERDASARKAN KERJASAMA DENGAN NEGARA-NEGARA YANG TELAH BERHASIL DI DUNIA INVESTASI.
SPEEDRETURNs CORP.LLC
SEBUAH PERUSAHAAN RAKSASA DARI USA YANG BEGERAK DI BIDANG INVESTASI FOREIGN EXCHANGE, HADIR DI INDONESIA UNTUK MEMBERI PELUANG INVESTASI YANG YANG REAL. AMBIL KESEMPATAN INI DISAAT MOMENT YANG TEPAT.

untuk lebih jelasnya silahkan klik link di bawah ini:

berhubung karna harga bahan kimia saat ini naik.

maka kami selaku pihak management ovalclean meralat beberapa harga produk kami mulai 10 februari 2011 jadi beberapa persen.

adapun harga baru dari produk kami adalah seperti yang tercantum di bawah ini:

  1. sabun cuci piring cair Rp: 5.000.-
  2. shampoo mobil Rp: 6.000.-
  3. softener Rp: 6.000
  4. detergent cair/likuid Rp: 12.000.-
  5. pelicin pakaian (loundry) Rp: 5.000.-
  6. pemutih pakaian (loundry) Rp: 5.000.-
  7. penghilang noda pakaian Rp: 10.000.-
  8. hand soap Rp: 10.000.-
  9. body foam / sabun mandi cair Rp: 15.000.-
  10. shampoo rambut Rp: 15.000.-
  11. pembersih lantai Rp: 6.000.-

sekian dulu informasi dari kami, agar dapat dimaklumi sepenuhnya.

TAWAS (ALUMINIUM SULPHATE)

ALUMINIUM SULPHATE / TAWAS  powder bubuk dan cair ADALAH BAHAN KIMIA YANG KAMI RANCANG KHUSUS UNTUK MENGOLAH LIMBAH DIMANA PEMAKAIANNYA SANGAT BESAR ( DIATAS 100 TON ) TERUTAMA PABRIK. DENGAN ADANYA BAHAN KIMIA INI DIHARAPKAN COST YANG DIKELUARKAN PIHAK PERUSAHAAN UNTUK PENGADAAN BAHAN KIMIA PENGOLAHAN LIMBAH AKAN BERKURANG. SANGAT COCOK DIPAKAI UNTUK PENJERNIH DAN PENETRALISIR KOLAM.

SERVICE FOR CUSTOMER
1. FREE INSTAL TANGKI PENAMPUNG
KIMIA ( KHUSUS UNTUK KONTRAK
SUPLAY MINIMUM 1 TAHUN )
2. FREE TECNICAL SUPORT
3. FREE KONSULTASI WWTP

Negara Asal: Indonesia
Harga: Rp. 2.500
Cara Pembayaran: TUNAI / Transfer Bank
Jumlah: READY STOCK, minimal 500kg/1,5 ton
Kemas & Pengiriman: truk/kontainer/ekspedisi lainnya


di jual canopi / cabin belakang ford ranger th 2003-2006, harga murah.

hanya RP: 5,5jt saja. kondisi 95% oke dan mantap. merk carryboy thailand.

warna silver, udah lapis kaca film hitam 80%. di lengkapi dengan braket, jadi tinggal pasang, bosan bisa copot lagi.

alasan jual, karna mobilnya di jual dalam keadaan standard.

lokasi di riau, bisa kirim ke luar daerah….

hubungi / sms (jay) 087893888808 – 081275272667

OVALCLEAN loundry & detergent

Oleh ovalclean

Oval Clean

OVALCLEAN LOUNDRY SOLUSI MASALAH CUCIAN ANDA.

Anda Pusing dengan pakaian menumpuk dan gak kering-kering???  gak ada waktu untuk mencuci dan pembantu pulang kampung. Mau pake Jasa Laundry tetapi males jalan keluar rumah dan biayanya pasti MAHALLL…

OVALCLEAN LOUNDRY solusi untuk masalah anda sekarang, dengan tenaga yang profesional. Kami hadir untuk anda di dukung dengan perlengkapan yang canggih. Sehingga kami menjamin kebersihan dan keharuman pakaian yang kami cuci setara dengan pelayanan Loundry Hotel Untuk masalah harga, kami menghitung cucian anda secara Kiloan sehingga harga kami JAUUH LeBIH MURAH di bandingkan Laundry yang lain. Dan kami menjaga privasi pakaian anda dengan tidak mencampurnya dengan pakaian orang lain sehingga pengolahan pakaian anda jadi lebih Privat. Anda Juga akan kami manjakan dengan program ambil & antar pakaian anda sehingga anda tinggal mengangkat gagang telepon, maka Crew kami akan mengambil dan mengantar pakaian anda, sehingga anda akan lebih banyak waktu untuk mengerjakan hal yang lain. Kami juga memberikan jaminan Kebersihan pakaian anda. Jika ada pakaian anda yang kami Cuci ternyata masih kotor dapat dikembalikan kepada kami dan kami akan mencuci ulang tanpa dikenakan biaya sepeserpun dari kantong anda. Biaya Cuci dengan OVALCLEAN LOUNDRYhanya Rp 120.000/bln atau Rp 6.000/kg. pakaian anda akan bersih di cuci dan setrika dalam 2 hari dan kami menghitung anda PERKILO tidak seperti laundry-laundry lain yang menghitung per 6 s/d 7 Kg, bayangkan dengan Rp 6000/kg pakaian anda akan bersih biaya ini lebih murah dari sebungkus Nasi Padang.

Kami juga melayani Cuci kering saja atau Setrika saja, Jika di rumah anda pakaian menumpuk tetapi hanya tinggal di cuci atau setrika saja maka OVALCLEAN LOUNDRY adalah solusi anda. Hanya dengan mengeluarkan Rp. 4000/Kg masalah anda akan selesai dalam 2 hari, bayangkan dengan Rp.4000/kg pakaian anda akan bersih, biaya ini lebih murah dari makan di Warteg.

Bagi Anda yang SUPERR SIBUK dan membutuhkan PELAYANAN SUPER CEPAT kami menyediakan Paket SUPER KILAT hanya dengan Rp. 12.000,-/ Kg pakaian anda akan bersih mlm harinya (jemput pagi), sehingga anda bisa menggunakan pakaian kesayangan anda keesokan harinya. Dengan menambah Rp. 5.000,- pakaian anda akan kami antar dan jemput ke tempat anda sehingga anda tidak perlu berjuang melawan macetnya kendaraan di kota untuk ke tempat kami. 100% GARANSI KEPUASAN ANDA JIKA ANDA MENCUCI DI KAMI DAN TERNYATA ADA PAKAIAN YANG ANDA ANGGAP MASIH KOTOR ANDA BISA MENGEMBALIKAN KE KAMI UNTUK DI KERJAKAN ULANG TANPA DI PUNGUT BIAYA SEPESERPUN DARI KANTONG ANDA Informasi ini SANGAT PENTING Untuk meyakinkan bahwa pakaian anda tidak rusak karena kelunturan, kami sangat menyarankan untuk memisahkan pakaian yang menyebabkan kelunturan tersebut. Serta pakaian yang mudah robek, juga kami menyarankan agar anda memisahkannya.

Kami berusaha keras untuk memeriksa satu persatu pakaian walaupun demikian apabila terjadi kelunturan dan robek karena anda mencampur pakaian berwarna anda dan pakaian berbahan tipis/rapuh, maka hal ini akan menjadi tanggungjawab pemilik pakaian. Kami juga  menerima dry cleaning. Dan sekali lagi kami tekankan bahwa apapun yang anda masukan ke dalam tas laundry anda adalah merupakan tanggungjawab anda.

HUBUNGI KAMI:

CV. RIAU CAKRAWALA
Alamat : Jl. Cempedak 05/01 Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau

Telepon : (0761) 95034
HP : 087893888808, 081378027888, 08127566201

SMS Center : 087893888808
Email : ovalclean@yahoo.co.id
Website : https://ovalclean.wordpress.com

bisnis loundry

Rencana Bisnis Laundry Kiloan

Oleh ovalclean

Oval Clean

Bisnis laundry merupakan bisnis yang mengandalkan jasa. Sehingga sangat penting untuk berorientasi pada kepuasan pelanggan. Mendapatkan pelanggan yang loyal merupakan suatu keberhasilan bagi bisnis ini .

Perlu untuk di ketahui fundamental dari bisnis ini secara professional. Apa saja jasa yang akan diberikan, siapa saja target customernya, siapa saja yang menjadi pemilik, berapa biaya yang dibutuhkan.

Produk dan jasa :

  • Jasa cuci
  • Jasa cuci & kering
  • Jasa Cuci, kering, & setrika
  • Layanan antar jemput

Nilai tambah yang bisa diberikan:

  • Menggunakan sabun bermutu baik
  • pewangi pakaian tahan lama
  • hasil cucian bersih, pemisahan baju putih dan berwarna
  • cucian tidak dicampur dengan orang lain
  • control terhadap kepemilikan baju yang baik, sehingga tidak ada baju yang hilang
  • Perawatan warna baju yang baik
  • Discount untuk pelanggan
  • Discount untuk 10 kali cuci.

MARKETING PLAN

Perlu untuk dilakukan survey kecil-kecilan terhadap pangsa pasarnya seperti profesi penduduk disekitar lokasi, umur, penghasilan rata-rata, pendidikan, karakteristik konsumen.

Survey bisa dilakukan secara langsung dan juga berdasar data-data sekunder untuk melihat seberapa besar pangsa pasar bisnis ini, dan mencari kemungkinan untuk di kembangkan.

Bisnis ini paling baik berlokasi yang dekat dengan kos-kosan mahasiswa, rumah sewa karyawan/ karyawati, salon, juga perumahan.

Buat juga apa saja yang menjadi competitor untuk bisnis ini misal jasa cuci bulanan, laundry & dry clean. Buatlah list competitor, selanjutnya analisis kelebihan dan kekurangannya. Dari hasil tersebut dapat dijadikan dasar untuk bersaing yang baik.

Selanjutnya perencanaan promosi bisnis agar orang-orang tau ini loh jasa yang bisa kita berikan. Misal dengan membuat leaflet, pamflet, promosi dari mulut ke mulut, spanduk, radio, arisan,. Tetapkan juga nominal budget promosi, seberapa sering dan cara yang paling efektif untuk menunjang bisnis secara konsisten.

PRICING STRATEGY

Perlu juga diamati apakah pangsa pasar yang ada berorientasi pada kualitas produk atau pada harga. Bandingkan pula dengan harga kompetitor.

Penetapan harga yang terlalu rendah belum tentu baik, karena tidak semua orang perduli dengan harga yang murah selain itu keuntungan menjadi sangat tipis. Salah salah malah dibilang murahan. Lebih baik memberikan harga rata-rata dengan kualitas baik.

OPERATIONAL PLAN

Buatlah Prosedur tetap:

  • Pencucian pakaian mulai dari takaran sabun, pewangi, pengendalian kepemilikan baju, pembungkusan.
  • Pencucian boneka, bedcover dll.
  • Kartu Langganan

Susunlah peralatan-peralatan dengan efektif dan seefisien mungkin, untuk menghemat waktu pengerjaan, nyaman dan enak dipandang.

Rincikan kebutuhan peralatan dan bahan penunjang seperti mesin cuci, timbangan, pengering, setrika, listrik yang menunjang, telepon, dan bahan habis pakai lainnya.

Tetapkan kebutuhan minimal bahan habis pakai sebelum memesan kembali ke supplier.

Rekrutlah karyawan yang kompeten serta berikan pelatihan yang memadai. Karyawan merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan bisnis. Rancanglah system penggajian yang adil dan sesuai dengan beban kerja. Berikan bonus jika omset meningkat, karena hal ini dapat meningkatkan semangat kerja karyawan untuk memberikan yang terbaik.

Carilah supplier terbaik yang dapat diandalkan untuk menunjang kelancaran bisnis, terus menerus melakukan improvement disisi supplier merupakan suatu keuntungan.

BEGINNING FINANCIAL REPORT

Neraca digunakan untuk melihat kondisi kekayaan perusahaan pada tanggal neraca.

Pentingnya membuat neraca awal agar dapat dibandingkan dengan kondisi yang akan datang. Untuk mengetahui perubahan struktur kekayaan perusahaan.

Neraca

Aktiva = Pasiva

AKTIVA PASIVA
Aktiva Lancar Utang
Kas xx Utang jangka pendek xx
Bank xx Utang jangka panjang xx
Sediaan Barang xx
Piutang Usaha xx
Total Aktiva Lancar A Total Utang C
Aktiva Tetap Modal
Peralatan xx Modal A xx
Kendaraan xx Modal B xx
Gedung xx
Tanah xx
Total Aktiva Tetap B Total Modal D
Total Aktiva A+B Total Pasiva C+D

Laporan Laba Rugi fungsinya untuk mengetahui besarnya laba/ rugi yang diperoleh dari suatu bisnis, biasanya laporan ini dibuat bulanan.

Format Laporan Laba Rugi :

Pendapatan:Penjualan kotorHarga Pokok PenjualanPenjualan BersihPendapatan lain-lain xx(xx)+xxxx +
Total Pendapatan A
Pengeluaran:

  • Biaya Gaji
  • Biaya sewa
  • Tenaga kerja tidak langsung
  • ATK
  • Maintenance
  • Promosi
  • Sewa kendaraan
  • Sewa tempat
  • Telepon
  • Perlengkapan
  • Asuransi
  • Pajak
  • Depresiasi
  • Cicilan
  • Bunga
  • Biaya lain-lain
xxxxxxxxxx

xx

xx

xx

xx

xx

xx

xx

xx

xx

xx

xx

xx

xx +

Total Pengeluaran B
Laba/Rugi A-B

Membuat estimasi laporan laba rugi dalam 1 tahun dapat dijadikan target pencapaian bisnis.

BREAK EVEN POINT

Break Even Point merupakan estimasi kasar untuk menghitung berapa lama modal yang dikeluarkan akan kembali.

Rumus nya:

Total Pendapatan = Total Pengeluaran

(Harga Jual x Qty) = (Biaya tetap + biaya variabel)

Estimasi dalam 1 bulan:

Qty = 10 kg x 30 hari = 300 kg

Harga = 300 kg x Rp 5000 = Rp 1.500.000

Biaya Variabel = Rp 1.000.000

Biaya Tetap = Rp 15.000.000

Estimasi BEP

= Total Biaya Tetap / (Penjualan – Biaya Variabel)

= Rp 15.000.000 / (1.500.000 – Rp 1.000.000)

= 30 bulan atau 2 tahun 4 bulan

Biaya Variabel merupakan biaya yang bertambah jika kuantitas penjualan atas suatu produk bertambah.

Contoh biaya variabel pada bisnis laundry:

  • – Sabun
  • – Pewangi
  • – Tenaga kerja langsung
  • – Pembungkusan

Biaya Tetap merupakan biaya yang tetap dan tidak terpengaruh dengan kuantitas penjualan atas suatu produk.

Contoh biaya tetap pada bisnis laundry:

  • – Peralatan
  • – Tenaga kerja tidak langsung
  • – ATK
  • – Maintenance
  • – Promosi
  • – Sewa kendaraan
  • – Sewa tempat
  • – Telepon
  • – Perlengkapan
  • – Asuransi
  • – Pajak
  • – Depresiasi
  • – Biaya lain-lain
  • – Cicilan
  • – Bunga

Contoh biaya tetap pada bisnis laundry:

  • – Peralatan
  • – Tenaga kerja tidak langsung
  • – ATK
  • – Maintenance
  • – Promosi
  • – Sewa kendaraan
  • – Sewa tempat
  • – Telepon
  • – Perlengkapan
  • – Asuransi
  • – Pajak
  • – Depresiasi
  • – Biaya lain-lain
  • – Cicilan
  • – Bunga

Kontak Kami

CV. RIAU CAKRAWALA
Alamat : Jl. Cempedak 05/01 Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau

Telepon : (0761) 95034
HP : 087893888808, 081378027888, 081275272667

SMS Center : 087893888808
Email : ovalclean@yahoo.co.id
Website : https://ovalclean.wordpress.com